Rabu, 05 Desember 2007

Sejarah Sepakbola

Sejarah Sepakbola

Tidak jelas darimana asal mula permainan sepakbola ini, tetapi permainan sepakbola ini sebelumnya sangat populer di negeri Inggris sampai ke pelosok-pelosok daerahnya.

Menurut sejarah, pada waktu orang-orang Jerman menduduki negara Inggris, laskarya menemukan tengkorak-tengkorak lalu ditendang-tendang untuk permainan. Permainan ini makin lama makin digemari dan mengganti tengkorak itu dengan bola. Di Inggris permainan menendang bola ini semakin berkembang hingga diadakan pertandingan antara kampung dengan kampung yang lain di tempat-tempat yang kosong dengan pohon-pohon sebagai gawangnya.

Berhubung negara Inggris sebagai negara yang bangsanya sangat menggemari permainan sepakbola, telah diakui bangsa Inggris lah yang pertama kali mendirikan perserikatan persepakbolaan dengan nama “Football Accociation” pada tahun 1863.

Tahun 1921 sampai dengan tahun 1951, Tuan Julius Rimet menjadi ketua Federation International Football Association (FIFA) dan menetapkan setiap 4 tahun sekali diadakan kejuaraan sepakbola seluruh dunia. Sejak tahun 1949 piala kejuaraannya bernama “Julius Rimet Cup” yang sekarang telah diganti namanya dengan “World Cup”.

Di Negara Indonesia , pendiri Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ialah Ir. Suratin Sosrosugondo (alm).

Tidak ada komentar: